Resep Biji Salak

Pada postingan kali ini kami akan menyajikan resep masakan yang bisa anda santap sebagai sajian penutup ataupun sebagai santapan saat santai anda. Resep masakan yang satu ini memang terkenal sebagai salah satu sajian berbuka puasa karena rasanya yang manis namun ternyata sebagai sajian penutup pada saat berkumpul dengan keluarga pun resep biji salak ini sangat difavoritkan. Begitu anda mendengar nama biji salak jangan harap resep masakan yang satu ini benar benar berbahan dasar dari biji salakya karena yang dimaksud resep biji salak adalah adonan yang terbuat dari singkong dengan bentuk bulat pipih dan kadang lonjong yang berwarna cokelat dari penggunaan kuah gula merah sehingga terlihat seperti biji salak. Resep biji salak ini sangat terkenal di berbagai daerah di indonesia, apalagi saat bulan ramadhan tiba, banyak orang yang menyantap resep biji salak sebagai menu berbuka puasa.

Resep biji salak ini memang masih memiliki sedikit kemiripan dengan resep masakan kolek atau resep bubur manis. Isian dari resep biji salak ini berbeda beda umtuk setiap daerahnya tergantung kebiasaan masing-masing, namun secara umum resep masakan ini berisikan adonan singkong yang disebut dengan biji salaknya, potongan kolang-kaling, pacar cina atau mutiara dengan kuah manis dari gula merah dan kemudian disiram dengan saus santan. rasanya? wuihh tak perlu diragukan lagi kelezatan dari resep biji salak ini. daripada penasaran berikut dibawah ini kami sajikan bagaimana cara membuat resep biji salak.

Bahan :
3 sendok makan gula pasir
air secukupnya
gula merah, 250 gram
garam secukupnya
ubi merah, 500 gram
tepung tapioka, 200 gram
daun pandan, 2 lembar
300 ml santan kental

Cara membuat :
1. Ubi dikupas, bersihkan dan dipotong-potong sesuai selera kumdian kukus.
2. Ambil ubi kemudian haluskan dengan tepung tapioka dan sedikit garam sambil terus di uleni. Setelah itub bentuk adonan bulat-bulat.
3. Rebus air hingga panas dalam panci dan masukan adonan biji salak yang telah dibentuk tersebut.
4. Setelah terlihat mengembang, angkat dan tiriskan.
5. Siapkan 1 liter air kemudian rebus dengan gula merah, gula pasir, daun pandan dan sedikit garam. Setelah mendidih masukan biji salak tadi.
6. Untuk membuat kuahnya, siapkan santan. Masak santan dengan garam dan selembar daun pandan. Aduk-aduk sampai rata. Jangan sampai santan pecah
7. Tuang kuah biji salak beserta isinya ke dalam mangkuk saji. Tambahkan potongan agar-agar dan santan kental
8. Angkat dan siap disajikan.

Sangat mudah bukan untuk membuat resep biji salak lezat dan nikmat seperti di atas? Resep biji salak ini sangat pas disajikan saat sore ataupun malam hari yang akan semakin memaniskan suasana anda bersama dengan orang-orang tercinta. Masih banyak aneka resep kue kering dan resep kue basah lezat dari kumpulan resep kue kami yang akan semakin melengkapi sajian anda. Selamat mencoba.

Bookmark the permalink.