Resep Minuman Wedang Ronde

Saat ini musim penghujan tak terasa telah tiba, hujan terus mengguyur di beberapa kota dan daerah yang disertai dengan angin kencang. Dengan suaca yang seperti ini daya tahan tubuh tentu menjadi tidak stabil. Di cuaca malam yang dingin tentu saja banyak dar kita yang mencari santapan yang bisa menghangatkan badan sekaligus memberikan efek positif bagi tubuh kita. Nah anda bisa mencoba resep minuman wedang ronde sebagai alternatif sajian minuman hangat dan sehat untuk menemani malam hari anda. Resep minuman wedang ronde memang sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu resep minuman tradisional yang mampu meningkatkan daya tahan sekaligus menghangatkan tubuh karena resep minuman wedang ronde ini terbuat dari rempah-rempah pilihan asli indonesia. Apalagi tak sulit untuk menemukan penjaja resep minuman wedang ronde ini di malam hari, karena pasti di setiap kawasan di setiap daerah bisa ditemukan penjual resep minuman wedang ronde baik itu yang berada di pinggir jalan maupun di kios-kios sentra makanan.

Dengan rutin mengkonsumsi resep minuman wedang ronde bannyak manfaat yang akan anda dapatkan dari resep minuman hangat dan sehat ini, apalagi dengan kandungan jahe dan renpah rempah lainnya dalam resep minuman wedang ronde ini mampu mengatasi radang tenggorokan serta adanya senyawa yang mampu menghilangkan rasa nyeri sendi. Selain itu manfaat lain yang bisa anda dapatkan dengan menyantap resep minuman wedang ronde ini yaitu adanya senyawa yang efektif melawan penyakit jantung dan juga kanker. Nah kini semua manfaatnya bisa dengan mudah anda dapatkan dengan resep minuman wedang ronde yang kami sajikan dibawah ini untuk anda.

Bahan ronde :
pewarna kue warna merah, hijau
100 g kacang tanah, sangrai haluskan
100 ml air panas
75 g gula pasir
100 g tepung ketan
750 ml air untuk merebus
garam secukupnya

bahan kuah :
3 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
8 potong jahe, memarkan
2 batang serai, memarkan
150 g gula merah, iris halus
300 ml air

Cara membuat :
1. Isi ronde : Campur kacang tanah dan gula pasir, aduk rata, sisihkan
2. Ronde : Campur tepung ketan dan air panas, uleni hingga kalis. Bagi adonan menjadi 3 bagian, satu bagian beri pewarna kue warna merah, satu bagian lagi beri pewarna kue warna hijau, dan sisa satu bagian lagi biarkan putih. Ambil sejumput adonan, beri isi, tutup kembali, bentuk bulat. Lakukan hingga adonan habis. Didihkan air, masukkan bulatan adonan hingga terapung, angkat dan masukkan ke dalam larutan gula agar tidak saling menempel.
3. Kuah : Masak gula merah bersama air, daun jeruk, serai, dan jahe hingga mendidih. Angkat.
4. Penyajian : Letakan ronde warna putih, merah, dan hijau pada mangkuk saji. Siram dengan kuahnya.
5. Angkat dan diap disajikan.

Dengan resep minuman wedang ronde di atas, anda bisa membuat resep minuman hangat dan sehat untuk keluarga tercinta kapan pun dan dimanapun. Sajikan resep minuman wedang ronde selagi hangat agar semakin nikmat. Sebagai teman sajian resep minuman wedang ronde, ada berbagai resep kue kering dan resep kue basah yang sayang bila tak anda cicipi. Selamat mencoba.

 





Bookmark the permalink.