Resep Opor Ayam Khas Solo

Di indonesia resep opor ayam memang sudah tidak asing lagi bahkan sudah menjadi salah satu resep masakan indonesia secara turun temurun dari dulu hingga sekarang, begitupun di berbagai daerah di indonesia memiliki resep opor ayamnya masing masing. Begitupun dengan kota solo yang memiliki resep opor ayam khas solo yang patut untuk di coba. Resep masakan solo yang satu ini secara garis besar memang sama dengan sajian opor ayam dari daerah lainnya hanya saja resep opor ayam khas solo ini memiliki rasa dan tampilan yang sedikit berbeda. Sama seperti di daerah lainnya, resep opor ayam khas solo ini biasanya tak pernah absen meramaikan perayaan hari raya seperti hari raya idul fitri maupun hari raya idul adha.

Yang mencolok dari resep opor ayam khas solo ini adalah warnanya yang lebih pucat, bila di daerah lain sajian opor ayamnya berwarna kuning, resep opor ayam khas solo ini lebih berwana putih pucat. Selain itu biasanya ditambahkan potongan-potongan belimbing sayur dan potongan daun jeruk pada resep masakan ini sehingga rasanya lebih segar. Ingin tahu seperti apa segaranya resep masakan solo ini? berikut kami sajikan resep opor ayam khas solo untuk anda.

Bahan :
3 siung bawang putih
10 gr ketumbar
100 gr lengkuas
6 siung bawang merah
Garam dan lada secukupnya
5 gr jinten
120 gr kemiri
1 ekor ayam muda yang sudah di bersihkan
3 lbr daun salam
2 butir kelapa yang tua
1 btg daun sereh

Cara membuat :
1. ayam muda dipotong- potong menjadi beberapa bagian.
2. buah kelapa dikupas kulitnya, kemudian diparut, tuang dengan 2 liter air, peras dan ambil santan kentalnya sisihkan, lalu tuangkan lagi 2 liter air, peras kembali dan ambil lagi santannya (encer),sisihkan.
3. bawang merah, bawang putih dikupas lalu ditumbuk bersama kemiri, ketumbar dan jinten, tumis sebentar lalu angkat, daun serai digeprek(dimemarkan) pangkalnya, begitu juga dengan lengkuas.
4. rebus daging ayam besama dengan santan encer, masukkan serai dan lengkuasnya, biarkan hingga santan mulai mengering, setelah matang / mengering, tuangkan santan kental bersama bumbu sambil di aduk sebentar agar bumbu-bumbu meresap, berikan garam dan lada secukupnya, aduk beberapa saat hingga kuah mengental.
5. Angkat dan siap disajikan.

Sajikan resep opor ayam khas solo lezat ini selagi hangat bersama potongan lontong atu ketupat, jangan lupa pula santap bersama aneka resep sambal koleksi kami yang pasti akan membuat sajian anda semakin istimewa. Selamat mencoba.

Bookmark the permalink.