Resep Tongseng Daging Sapi

Masih membahas tentang sajian idul adha, kali ini kita mencoba membuat resep tongseng daging sapi. Mungkin anda sering mendengar kata tongseng, tapi apa ya kira kira resep masakan tongseng itu? Tongseng merupakan hidangan masakan sejenis gulai namun menggunakan bumbu lebih banyak dan lebih khas. Pada resep tongseng daging sapi ini daging yang digunakan masih melekat pada tulang, biasanya pada bagian iga ataupun tulang belakang. Kuah pada resep tongseng daging sapi inipun lebih kental daripada kuah gulai, serta memiliki aoma rempah-rempah yang lebih khas dan tetap pekat dengan warna kecoklatan.

Resep tongseng daging sapi sendiri sebenarnya berasal dari daerah jawa, tepatnya daerah kota solo dan sekitarnya. Di kota asalnya, tongseng biasa disajikan sebagai sajian sarapan pagi. Yang unik dari resep tongseng daging sapi ini yaitu adanya tambahan campuran seperti kol, tomat, dan cabai pada kuahnya. Biasanya para penjual resep tongseng daging sapi ini menjajakannya bersama resep sate kambing. Ingin mencoba membuatnya? Berikut resepnya untuk anda dibawah ini.

Bahan :
7 lembar daun kol, buang tulang daun dan potong kasar
2 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir
4 buah cabe merah, iris serong tipis
4 sendok makan Kecap
1/2 sendok teh lada bubuk
2 sendok makan air jeruk nipis
250 gram daging Kambing atau Daging Sapi
5 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
3 sendok makan minyak goreng untuk menumis
500 ml santan

Cara membuat :
1. Tumis irisan tipis 3 siung bawang putih sampai harum, masukkan irisan 5 butir bawang merah dan 4 cabai merah yang sudah di iris, tumis sampai layu.
2. Masukkan 250 gram daging Kambing atau Daging Sapi, aduk sampai daging berubah warna dan kaku.
3. Tuang air secukupnya, tambahkan 4 sendok makan Kecap, 1/2 sendok teh lada bubuk, 2 sendok teh garam, dan 1 sendok teh gula pasir, masak sampai daging lunak, dan kuah kental.
4. Tuang 500 ml santan, masak sampai mendidih.
5. Tambahkan 7 lembar daun kol yang sudah dibuang tulang daun dan potong kasar, masak sampai kol matang, tambahkan 2 sendok makan air jeruk nipis, aduk sebentar, angkat.
6. Angkat dan siap disajikan.

Dengan langkah langkah sederhana, resep masakan lezat khas solo di atas sudah bisa tersaji di meja makan anda sebagai sajian idul adha. Sajikan dengan tambahan resep sambal yang pedas dan nasi yang hangat akan sangat pas. Membutuhkan berbagai kue idul adha? Jangan tajut karena kami memiliki beragam resep kue kering lezat dan resep kue basah lezat untuk anda. Selamat mencoba.

Bookmark the permalink.